Pengertian atau Definisi
Pemasaran (Marketing)
Pemasaran adalah sebuah kegiatan
yang dilakukan oleh orang atau perusahaan dalam upaya memperkenalkan produk
atau jasa dengan segala sumber daya yang dimiliki. Pemasaran merupakan suatu
proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan
apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan
mempertukarkan produk yang bernilai atau berharga kepada pihak lain menurut (Kotler
dalam Hartono dan Hutomo, 2012:884).
Pemasaran adalah salah satu kegiatan
dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi
itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan
nilai tersebut adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi. Pemasaran menjadi
penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi (Hartono dan Hutomo, 2012:883)
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pemasaran adalah sebuah kegiatan yang
menghubungkan antara produsen dan konsumen melalui interkasi sosial dan
manajerial individu dan kelompok dalam memenuhi beragam kebutuhan. Kegiatan
pemasaran harus dilakukan secara efektif fan efisien agar bisa mendapatkan
keuntungan yang maksimal melalui pengelolaan aktivitias pemasaran.