Jumat, 10 November 2017

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli



Pengertian Bisnis adalah usaha yang dijalankan untuk tujuan utamanya adalah keuntungan (Kasmir, 2012:7). Sedangkan menurut Raymond E. Glos dalam bukunya yang berjudul “Business : its nature and environment : an introduction” dikutip oleh (Susatyo, 2014:8) bahwa bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang di organisasi oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri, menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.
Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan sebuah organisasi dalam memenuhi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dalam usaha meningkatnkan kualiatas hidup.
Fungsi utama dari bisnis dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
1.      Manajemen
Merupakan cara menggunakan seluruh sumber daya dalam proses perencanaan, organisasi, aktualisasi dan pengawasan dalam melaksanakan suatu aktivitas.
 2.      Pemasaran
Merupakan cara bagaimana produk atau jasa yang dihasilkan ditetapkan harganya kemudian di distribusikan dan dipromosikan ke pelanggan.
3.      Keuangan
Merupakan cara untuk memperoleh dan menggunakan dana operasional bisnis yang dilaksanakan.
4.      Akuntansi
Merupakan hasil analisis dari kondisi keuangan perusahaan dan digunakan untuk membuat kebijakan dan keputusan bisnis.
5.      Sistem informasi
Merupakan seluruh komponen yang terdiri dari teknologi informasi, manusia, prosedur dan aspek lainnya dalam menyediakan informasi yang sesuai sehinga bisa menghasilakn keputusan bisnis.