Sabtu, 14 Desember 2013

Private Key Algorithm - Cipher aliran (stream cipher)

Isi Makalah Klasifikasi Cipher Modern

Private Key Algorithm / Symmetric Algorithm



Algoritma simetris (symmetric algorithm) adalah suatu algoritma dimana kunci enkripsi yang digunakan sama dengan kunci dekripsi sehingga algoritma ini disebut juga sebagai single-key algorithm.
Sebelum melakukan pengiriman pesan, pengirim dan penerima harus memilih suatu suatu kunci tertentu yang sama untuk dipakai bersama, dan kunci ini haruslah rahasia bagi pihak yang tidak berkepentingan sehingga algoritma ini disebut juga algoritma kunci rahasia (secret-key algorithm).
Kelebihan :
·         Kecepatan operasi lebih tinggi bila dibandingkan dengan algoritma asimetrik.
·         Karena kecepatannya yang cukup tinggi, maka dapat digunakan pada sistem real-time


 Kelemahan :
·         Untuk tiap pengiriman pesan dengan pengguna yang berbeda dibutuhkan kunci yang berbeda juga, sehingga akan terjadi kesulitan dalam manajemen kunci tersebut.
·         Permasalahan dalam pengiriman kunci itu sendiri yang disebut “key distribution problem”
Algoritma kunci-simetri modern beroperasi dalam mode bit dan dapat dikelompokkan menjadi dua kategori:
A.    Cipher aliran (stream cipher)
Algoritma yang dalam operasinya bekerja dalam suatu pesan berupa bit tunggal atau terkadang dalam suatu byte, jadi format data berupa aliran dari bit untuk kemudian mengalami proses enkripsi dan dekripsi.
Beberapa contoh stream cipher :
1.              RC4 (ARCFOUR)
RC4  adalah cipher aliran yang digunakan secara luas pada sistem keamanan seperti protokol SSL ( Secure Socket Layer ). Algoritma kriptografi ini sederhana dan mudah diimplementasikan. RC4 dibuat oleh Ron Rivers dari Laboratorium RSA (RC adalah singkatan dari Ron’s Code). Secure Socket Layer (SSL) adalah protokol yang digunakan untuk berkomunikasi lewat internet secara aman
Prinsip  SSL
a.       Seorang pengunjung mengakses ke situs yang sudah terpasang sertifikat SSL lewat saluran (port) yang aman dengan browser-nya (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, dsb), biasanya port 443. Koneksi aman ini ditandai dengan cara mengakses alamat https:// (misalnya https://www.namadomainanda.com)
b.      Server/situs akan mengirim kunci publik sertifikat SSL yang dimilikinya ke pengunjung tadi. Saat browser pengunjung menerimanya, browser akan memeriksa validitas kunci publik tersebut, apakah:
ü  kunci publik sertifikat itu masih berlaku
ü  kunci publik sertifikat itu benar-benar berlaku untuk situs atau domain yang diakses (misalnya www.namadomainanda.com)
ü  kunci publik sertifikat itu juga ada dalam database sertifikat yang tersimpan dalam browser.
c.       Jika kunci publik sertifikat tadi bisa terverifikasi oleh browser pengunjung, maka browser akan mengirimkan kunci publik miliknya ke server atau situs yang diakses.
d.      Dengan kunci publik yang dikirim browser pengunjung tadi dan kunci privat yang dimiliki server akan digunakan server untuk membuat sandi untuk mengirim data ke pengunjung. Browser pengunjung akan membuka sandi tersebut dan membaca data yang dikirim. Sandi yang dikirim tadi merupakan sandi yang unik dan hanya berlaku satu kali dan hanya bisa dibaca oleh browser yang tadi memintanya, sehingga pihak lain tidak bisa membacanya.
 

2.              A5
A5 adalah cipher aliran yang digunakan untuk mengenkripsi transmisi sinyal percakapan dari standard telepon seluler GSM(Group Special Mobile). Sinyal GSM dikirim sebagai barisan frame. Satu frame panjangnya 228 bit dan dikirim setiap 4,6 milidetik. A5 digunakan untuk menghasilkan aliran-kunci 228 bit yang kemudian di XOR-kan dengan frame. Kunci eksternal panjangnya 64 bit.
3.              HC-256
HC-256 adalah stream cipher yang dirancang untuk menyediakan enkripsi massal dalam perangkat lunak pada kecepatan tinggi dan memungkinkan keyakinan yang kuat dalam keamanan.Algoritma ini dirancang oleh Hongjun Wu , dan pertama kali diterbitkan pada tahun 2004. Dan tidak dipatenkan. 
4.              VEST (Very Efficient Substitution Transposition)
Merupakan seperangkat keamanan hardware yang bertujuan  untuk enkripsi terotentikasi dan dapat beroperasi sebagai fungi hash. Dirancang oleh Sean O’neil, benjamin Gittins dan Howard Landman. Vest tidak berfungsi secara efisien dalam perangkat lunak.