Minggu, 15 Desember 2013

Kesimpulan dan Saran tentang Chpher Modern

Kesimpulan dan Saran tentang Chpher Modern



1 Kesimpulan
Kemajuan di bidang telekomunikasi dan komputer telah memungkinkan seseorang untuk melakukan transaksi bisnis secara cashless, selain itu ia juga dapat mengirimkan informasi kepada temannya secara on-line.
Kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja akan menimbulkan resiko bilamana informasi yang sensitif dan berharga tersebut diakses oleh orang-orang yang tidak berhak (unauthorized persons). Misalnya, informasi mengenai nomor kartu kredit anda, bila informasi ini jatuh kepada orang-orang yang jahat maka anda harus bersiap-siap terhadap melonjaknya tagihan kartu kredit anda.
Sebelum tahun 1970-an, teknologi kriptografi digunakan terbatas hanya untuk tujuan militer dan diplomatik. Akan tetapi kemudian bidang bisnis dan perorangan mulai menyadari pentingnya melindungi informasi berharga.
Memasuki era digital mulailah dikenal cipher modern dalam konsep keamanan atau kriptografi menggantikan cipher klasik. Secara umum ada dua tipe algoritma yang termasuk dalam cipher modern yaitu
1.      algoritma simetris (Private-key algorithm / symmetric algorithm)
2.      algoritma kunci public (public-key algorithm / asymmetric algorithm).
           
2  Saran
Keamanan sistem komputer dan informasi sangatlah perlu diterapkan agar tidak menimbulkan kerugian bagi si pembuat dan orang lain. Agar tidak ada yang berusaha untuk melakukan kecurangan terhadap nilai informasi tersebut.
Dalam Aplikasinya sistem keamanan komputer dan informasi tidak ada yang sempurna, seiring berjalannya waktu celah-celah pasti dutemukan sehingga informasi atau data menjadi tidak aman. Untuk itu perlu dikembangkan sistem keamanan yang sesuai dan berlapis sehingga informasi atau data kita tidak jatuh kepada orang yang tidak berhak untuk mengaksesnya.