Jumat, 25 Mei 2018

URUTAN TATA CARA BERBUKA PUASA YANG BAIK

Sharing dari group w.a

Kamis, 8 Ramadhan 1439 H / 24 Mei 2018.

Yuk pahami urutan berbuka puasa yang baik dan gak ada salahnya untuk di coba

             *💥 URUTAN TATA CARA BERBUKA PUASA 💥*

*✍🏽 Ustadz Abu Syamil Humaidy hafidzahullah.*

❅ https://t.me/MuliaDenganSunnah

*➡1. Siapkan air putih atau kurma.*

*📝 Tidak disunnahkan memakan kurma dalam jumlah ganjil*, karena tidak ada dalil shahih yang menujukkannya, yang ada dalil shahih hanyalah ketika memakan kurma sebelum keluar untuk sholat Idul Fitri, maka disunnahkan dalam jumlah ganjil, dan minimal 3 butir kurma.

*➡2. Tunggu suara adzan magrib dan pastikan itu benar ada adzan maghrib.*
*➡3. Jika telah mendengar adzan maka bacalah "Bismillah"* kemudian makan kurma tadi baru anda minum air yang anda sukai. Tapi jika tidak ada kurma maka hendaknya minum air putih dulu.

*➡4. Setelah makan kurma dan minum air putih maka ucapkan doa berikut :*

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ، وَثَبَتَ اْلأَجْرُ، إِنْ شَاءَ اللَّهُ

*_Dzahabazh-zhoma-u, wabtallatil 'uruuqu, watsabatal ajru, in syaa-allaah_*

"Telah hilang dahaga, dan urat-urat telah basah, dan telah tetap pahala, insya Allah"

(HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395 dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani)

Setelah itu jika anda ingin doa dengan doa-doa yang lain maka silahkan dan perbanyaklah. Dan selamat menikmati hidangan buka puasa.

*➡5. Apabila sedang berbuka puasa dan mendengar adzan maka hendaknya menjawab adzan itu.*

Kemudian ketika selesai adzan maka bersholawatlah kepada Nabi Shollallahu alaihi wa sallam dan ucapkanlah:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَاذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ، وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ

Allaahumma robba haadzihid-da'watit-taammah, wash-sholaatil qoo-imah, aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab'ats-hu maqooman mahmuudanil-ladzii wa 'adtah.

Ya Allah, Tuhan Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga, yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi) dan fadhilah kepada Muhammad. Dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan.

(HR. Al-Bukhari 1/152)

*➡6. Jangan lupa bahwa anda ada kewajiban sholat maghrib*. Jadi jangan sampai terlambat untuk kaum pria untuk berjama'ah dimasjid.

Semoga Allah ta'ala senantiasa memberi kekuatan kepada Kita untuk menjalankan puasa dan amalan ibadah lainnya dibulan Ramadhan.

✒ Editor : Admin AsySyamil.com
📮CHANNEL MULIA DENGAN SUNNAH

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.
                                                
                                            ___🍃🕋🍃___
.