Selasa, 15 Januari 2013

Pengertian Kardinalitas

Kardinalitas / Cardilnalities

Pemetaan Kardinalitas (Mapping Cardinalities) menyatakan jumlah entitas dimana entitas lain dapat dihubungkan ke entitas tersebut melalui sebuah himpunan relasi (Relationship Set). 

Pemetaan kardinalitas sangat berguna dalam menentukan himpunan relasi biner meskipun pemetaan dapat berperan dalam deskripsi himpunan relasi yang melibatkan lebih dari dua himpunan entitas 

Untuk suatu himpunan relasi biner R antara entity A dan B, pemetaan kardinalitas harus salah satu dari berikut ini : 
1. One to one, sebuah entitas pada A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan paling banyak satu entitas pada A. 
2. One to many, sebuah entitas pada A berhubungan dengan nol atau lebih entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan paling banyak satu entitas pada A. 
3. Many to one, sebuah entitas pada A berhubungan paling banyak satu entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan nol atau lebih entitas pada A. 
4. Many to many, sebuah entitas pada A berhubungan nol atau lebih entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan nol atau lebih entitas pada A. 

Cardinality menyatakan jumlah kemunculan suatu entity di suatu entity lain yang terkait dengannya dalam satu kali proses kemunculan. 

Batasan Partisipasi / Participation Constraints 
Partisipasi sebuah himpunan entitas E pada himpunan relasi R dikatakan total jika setiap entitas pada E berpartisipasi pada setidaknya satu relasi pada R. Jika hanya beberapa entitas pada E berparisipasi pada relasi di R, partisipasi himpunan entitas E pada relasi R disebut parsial / partia 

Ilustrasi : 

Kita mengharapkan setiap entitas pinjaman direlasikan ke setidaknya satu nasabah melalui relasi Pinjaman. Partisipasi pinjaman pada himpunan relasi pinjaman adalah total.

Sebaliknya, seorang dapat menjadi nasabah sebuah bank, baik dia mempunyai pinjaman pada bank maupun tidak. Oleh karena itu, hanya beberapa entitas nasabah mungkin dihubungkan ke himpunan entitas pinjaman melalui relasi peminjam dan partisipasi nasabah pada himpunan relasi peminjam disebut parsial.