Kamis, 05 November 2015

DESIGN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI DAN RAPORT SISWA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

Contoh Proposal Skripsi DESIGN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI DAN RAPORT SISWA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL  DI SEKOLAH

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah   
Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam bidang informasi dan komunikasi yang sangat pesat sehingga kita bisa lebih cepat dalam menerima informasi dan bisa lebih cepat juga dalam melakukan pekerjaan.

Perkembangan teknologi informasi ini juga telah membawa kita kepada zaman yang serba komputerisasi, dimana komputer memegang peranan penting dalam mempermudah penyelesaian suatu pekerjaan, meningkatkan efisiensi kerja serta meningkatkan keratifitas kita.
Dalam dunia pendidikanpun komputer telah memiliki peranan yang penting. Dalam berbagai kegiatan pengolahan data diperlukan adanya sebuah sistem informasi yang komputerisasi dan mampu untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada. Secara khusus lagi kita bisa melihat pada proses pengolahan nilai dan raport siswa pada jenjang pendidikan  SD, SMP dan SMA atau SMK yang seharusnya juga sudah komputerisasi. Namun kenyataannya saat ini masih banyak sekolah-sekolah yang masih mengolah nilai dan raport siswa dengan cara manual dan yang paling umum hanya dengan menggunakan Microsoft Exel. Dengan sistem tersebut tentu banyak masalah yang akan muncul seperti kesalahan perhitungan, redudansi data, sulitnya pencarian data dan menyita banyak waktu sehingga pekerjaan jadi tidak efektif lagi.

Dengan dukungan sistem informasi yang komputerisasi, cara kerja sistem yang sebelumnya manual dapat diubah dengan cara kerja yang efektif dan lebih efisien. Dan dengan dukungan sistem informasi yang komputerisasi bisa menciptakan suatu lingkungan kerja yang lebih produktif. Pengolahan data yang cepat dan tepat tentunya akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi instansi pendidikan.

Berdasarkan berbagai permasalahan dalam pengolahan nilai dan raport siswa di atas maka peneliti tertarik untuk mengangkat suatu penelitian tentang “DESIGN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN NILAI DAN RAPORT SISWA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA DAN DATABASE MySQL  DI SEKOLAH, yang diharapkan bisa bermanfaat dan bisa mempermudah pengolahan nilai dan raport siswa disekolah.

B.   Identifikasi Masalah
Dari latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas maka dapat diidentifikasi beberapa masalah yaitu:
1.    Belum adanya sistem komputerisasi untuk mengolah nilai dan raport siswa disekolah, sehingga proses pengolahan nilai dan raport siswa membutuhkan waktu yang relatif lama.
2.    Sering terjadi kesalahan dalam pengolahan nilai dan raport siswa, sehingga siswa bisa dirugikan oleh sistem manual yang digunakan.

C.  Perumusan masalah     
   Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana merancang Sistem Informasi Pengolahan Nilai dan Raport siswa disekolah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Database MySQL?
2.    Bagaimana menerapkan sistem informasi yang komputerisasi dalam pengolahan nilai dan raport siswa disekolah?

D.  Pembatasan Masalah
  Adapun pembatasan masalah pada penelitian ini adalah :
1.    Sistem yang akan dirancang dan dikembangkan hanya untuk mempermudah proses pengolahan nilai dan raport siswa disekolah bukan untuk menganti sistem lama secara keseluruhan.
2.    Design Sistem Informasi Pengolahan Nilai dan Raport siswa ini hanya fokus pada pengolahan data nilai siswa, guru, mata pelajaran dan pembuatan raport secara komputerisasi.
3.    Software implementasi Sistem Informasi Pengolahan Nilai dan Raport yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah bahasa pemrograman java dengan software
a.       Netbeans 6.1
b.    Wamp Server 2.0
c.       Web Browser (Mozilla Firefox)


E.   Tujuan Penelitian
 Penelitian ini bertujuan untuk :
1.    Merancang suatu sistem informasi pengolahan nilai dan raport siswa disekolah dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan database MySQL, sehingga diharapkan dapat mempermudah guru dalam mengolah nilai siswa dan mebuat raportnya
2.    Dengan adanya penelitian ini diharapkan pengolahan nilai dan raport siswa disekolah dapat dilakukan dengan cepat dan akurat serta dapat memimalisir berbagai kesalahan yang terjadi pada sistem manual.

F.   Manfaat Penelitian
 1. Bagi Sekolah dan Guru
a.    Manfaat penelitian ini bagi guru yaitu, dengan design sistem informasi yang komputerisasi ini maka pengolahan nilai dan raport siswa bisa dibuat lebih cepat dan akurat.
b.    Sekolah dapat dengan mudah mengontrol dan mengevaluasi nilai seluruh siswanya
2. Bagi Peserta didik
Peserta didik tidak dirugikan lagi oleh kesalahan pengolahan nilai oleh guru atau sekolah.
3. Bagi Peneliti
Untuk dapat mengaplikasikan dan memanfaatkan ilmu yang telah diperoleh diperkuliahan dan sebagai salah satu syarat untuk S1.