Minggu, 10 Mei 2015

Makalah Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran

Ini Adalah Kutipan Yang Penulis ambil dalam Makalah Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran yang merupakan bagain dari Delapan Keterampilan Dasar Seorang Guru.

Membuka pelajaran merupakan kegiatan awal yang harus dilakukan oleh seorang guru, sebelum memasuki materi atau inti dari sebuah pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik (siswa) untuk mengikuti proses pembelajaran yang meliputi, mental peserta didik, menciptakan suasana komunikatif antara pendidik (guru) dengan peserta didik, dan menimbulkan perhatian peserta didik kepada materi yang akan dipelajari.

Aktivitas awal yang dilakukan oleh seorang pendidik (guru), serta kalimat-kalimat pembuka yang diucapkan guru adalah faktor utama dalam menentukan keberhasilan jalannya seluruh proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran dikatakan berhasil apabila tujuan proses pembelajaran tersebut dapat tercapai dengan maksimal. Tujuan pembelajaran dapat tercapai tergantung pada strategi pengajaran yang disiapkan guru pada awal pembelajaran.

Seluruh rencana dan persiapan sebelum mengajar dapat menjadi tidak berguna jika guru tidak berhasil memfokuskan perhatian dan minat siswa pada pelajaran. Oleh karena itu, hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang guru pada awal pembelajaran adalah, menciptakan suasana agar siswa secara mental, fisik, pshikis, dan emosional terpusat pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan guru dengan cara cara-cara sebagai berikut:

1)      Memfokuskan perhatian dan membangkitkan minat siswa

Pada awal proses pembelajaran, pikiran siswa belum dapat terfokus dengan baik pada materi dan proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena masih banyak aktifitas-aktifitas diluar kelas yang megganggu perhatian siswa.
Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, seorang guru haru mampu menetapkan titik hubungan antara siswa itu sendiri dengan materi yang akan disampaikan, guru harus mampu membangkitkan semangat dan keaktifan belajara siswa, guru harus dapat menghubungkan antara materi yang akan disampaikan dengan minat dan kebutuhan siswa.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam memfokuskan perhatian dan membangkitkan minat siswa:
a.    Mengaitkan materi dengan berita-berita terkini
b.    Menyampaikan cerita
c.    Menggunakan alat bantu/media
d.    Memvariasikan gaya mengajar
e.    Menyinggung tentang tugas-tugas yang dilakukan siswa
f.    Mengandaikan persoalan

2)      Menimbulkan motivasi

Menimbulkan motivasi dapat dilakukan dengan berbagai cara:
a.    Memberikan kehangatan dan menunjukan sikap antusias
b.    Menimbulkan rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu siswa dapat distimulus dengan menunjukkan gambar, mendemonstrasikan sesuatu, menceritakan sesuatu kejadian yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.
c.    Mengemukakan ide yang bertentangan
Seorang pendidik harus bisa mengutarakan pendapat atau ide-ide yang bertentangan serta mengutarakan probelema-problema atau situasi yang berbeda dengan dengan kenyataan sehari-hari.

3)      Memberi acuan
Memberi acuan merupakan usaha mengemukakan secara spesifik dan singkat serangkaian alternative yang memungkinkan siswa memperoleh gambaran yang jelas mengenai hal-hal yang akan dipelajari dan cara yang akan hendak ditempuh dalam mempelajari materi pembelajaran. Adapun cara-cara yang dapat dilakukan guru adalah:
a.    Menjelaaskan tujuan pembelajaran
b.    Menyampaikan garis besar pembelajaran
c.    Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran

4)      Mengaitkan pelajaran yang telah dipelajari dengan topic baru


Pelajaran dalam pertemuan sebelumnya harus diulang secara ringkas untuk dikaitkan dengan pelajaran yang baru. Contoh usaha guru dalam mengaitkan adalah:
a.    Meninjau kembali sampai sejauh mana siswa dapat memahami pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
b.    Membandingkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dengan materi yang akan disampaikan.
Sedangkan keterampilan dalam menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pembelajaran adalah swbagai berikut:
a.    Melakukan tinjauan kembali pada materi yang telah disampaikan, dengan cara membuat rangkuman atau ringkasan mengenai materi yang telah dijelaskan.
b.    Mengadakan evaluasi seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan dengan cara menyuruh siswa untuk, mendemonstrasikan keterampilan yang telah dipahaminya, menerapkan ide-ide baru pada situais lain, mengekspresikan pendapat sendiri, dan guru dapat memberikan soal-soal tertulis dalam bentuk uraian.
c.    Memberikan tindak lanjut yaitu dalam bentuk, pekerjaan rumah, merancang sesuatu atau berkunjung kesuatu tempat.