Senin, 11 Mei 2015

Contoh Abstrak Skripsi Desain Multimedia Pelajaran

ABSTRAK

Pada tingkat SMA / MA didapatkan kenyataannya bahwa masih banyak nilai fisika siswa berada di bawah KKM (KKM=75). Itu karena belum semua guru menggunakan media pembelajaran yang menarik, guru mungkin hanya menggunakan metode ceramah, mencontohkan secara manual saja tampa menggunakan media pembelajaran yang menarik yang membuat siswa tertarik untuk belajar fisika dan tentunya mereka tidak merasa lelah dan jenuh dalam belajar. Akibatnya siswa merasa kurang paham dan kurang mengerti dalam belajar fisika.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development (R & D). Yaitu sebuah proses yang diupayakan melahirkan produk yang memiliki kesahihan dalam pengembangannya. R & D pendidikan yang diarahkan pada pengembangan produk yang efektif bagi keperluan sekolah merupakan penelitian terapan. Penelitian semacam ini lebih mementingkan perubahan yang membawa perbaikan, daripada kemengapaanya. Dalam penelitian ini penulis juga menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Model pengembangan ADDIE terdiri atas 5 langkah pokok, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.

Hasil dari media perancangan ini berbentuk game agar siswa tidak bosan dan tertarik untuk belajar dan guru dapat dengan mudah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa sehingga proses pembelajaran menjadi menarik dengan media pembelajaran dalam bentuk game berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
   
keyword : Desain, Media, Fisika, Game,  Adobe Flash