Sabtu, 10 Maret 2018

PENGARUH MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN PENJUALAN

PENGARUH MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN PENJUALAN PERUSAHAAN

Sri Rama Dani 1) , Zulfikar 2)

Abstract:

Di era globalisasi saat ini persaingan di dunia kerja sangatlah ketat, banyak perusahaan yang
berkompetisi untuk menguasai pasar. Dan sebagian besar keberhasilan suatu perusahaan tergantung
pada marketingnya. Marketing adalah seseorang yang akan menawarkan suatu produk perusahaan
kepada konsumen dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan, kepuasan konsumen dan untuk
menguntungkan perusahaan. Dengan adanya marketimg konsumen dapat memenuhi kebutuhan dan
kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa dari marketing tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing terhadap kepuasan konsumen dan
penjualan perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif serta mendeskripsikan seberapa besarnya pengaruh marketing terhadap kepuasan
konsumen dan penjualan perusahaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif marketing terhadap kepuasan pelanggan dan penjualan perusahaan. Untuk
kepuasan pelanggan dan penjualan perusahaan berpengaruh positif terhadap kinerja marketing.
Kata kunci : Marketing, Kepuasan Konsumen, Penjualan