Selasa, 26 Mei 2015

Inilah Kompetensi sosial seorang guru

Inilah Kompetensi sosial seorang guru

Surya (2003:138) mengemukakan kompetensi sosial adalah kemampuan yang diperlukan oleh seseorang agar berhasil dalam berhubungan dengan orang lain. Dalam kompetensi sosial ini termasuk keterampilan dalam interaksi sosial dan melaksanakan tanggung jawab sosial.

Gumelar dan Dahyat (2002:127) merujuk pada pendapat Asian Institut for Teacher Education, menjelaskan kompetensi sosial guru adalah salah satu daya atau kemampuan guru untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang baik serta kemampuan untuk mendidik, membimbing masyarakat dalam menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.

Menurut PPRI No.74 tahun 2008, tentang undang-undang Guru dan Dosen sebagaimana termuat dalam penjelasan Pasal 28 Ayat 3, yang dimaksud dengan kompetensi sosial adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa, kompetensi sosial adalah kemampuan seorang pendidik (guru) menjadi bagian dari masyarakat dilingkungan sekolahnya dan mampu membangun komunikasi yang baik dan dapat berinteraksi dengan para peserta didik, dengan tujuan untuk menyiapkan para peserta didik menjadi bagian dari masyarakat dilingkungannya, memiliki perilaku yang baik , serta memiliki kemampuan dalam membimbing masyarakat kearah yang baik.