Sabtu, 02 Desember 2017

Contoh Metode Pengumpulan Data Dalam Tugas Akhir

Contoh Metode Pengumpulan Data Dalam Tugas Akhir Manajemen Perhotelan

Metode Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data merupakan langkah awal dalam suatu penelitian, karena tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untuk mendapatkan data. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu:

1.    Teknik pengumpulan data primer, yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara lansung pada loksi penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara:
a.    Wawancara
Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dengan informan atau orang yang diwawancarai, dengan atau tampa menggunakan pedoman(guide) wawancara. Supaya hasil wawancara dapat terekam dengan baik, dan peneliti memiliki bukti telah melakukan wawancara kepada informan atau sumber data, maka diperlukan bantuan alat-alat bantu yaitu kamera dari ponsel dan alat tulis.
b.    Observasi
Observasi merupakan pengamatan  tidak terstruktur yang dilakukan tanpa menggunakan pedoman/panduan terhadap suatu objek

2.    Teknik pengumpulan data sekunder, pengumpulan data yang dilakukan melalui pengumpulan bahan kepustakaan yang dapat mendukung data primer. Dalam penetian ini penulis menggunakan :
a.    Studi Dokumenter
Studi Dokumenter yaitu metode yang digunakan untuk menelusuri data historis yang relevan dengan objek penelitian, misalnya menggunakan catatan-catatan atau dokumen-dokumen yang ada di lokasi penelitian.
b.    Studi kepustakaan
Studi kepustkaan yaitu metode memperoleh data yang relevan melalui buku-buku, jurnal, karya ilmiah, serta pendapat dari para ahli yang memiliki relevansi terhadap masalah yang diteliti.