Kamis, 28 November 2013

Faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen

Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

1. Faktor pasar
Semakin banyak pasar yang tersedia untuk penjualan barang, semakin besar peranan distribusi.

2.Faktor Barang
Barang yang akan diproduksi perlu diketahui apakah konsumen sangat membutuhkannya, apakah dapat diterima oleh konsumen dengan harga yang lebih murah dan mutu yang baik, dan apakah barang dapat disalurkan dengan cepat dan aman. 

3.
Faktor perusahaan
Faktor ini menuntut perusahaan (penghasil) untuk mengetahui keinginan pengguna, kapan waktunya diinginkan, dan kapan kurang diperlukan sehingga distribusinya perlu dipersiapkan

4. Faktor kebiasaan dalam membeli
Dalam membeli apakah distributor menjamin keamanan dan keutuhan barang.

Distributor sebagai pelaku fungsi distribusi

Distributor sebagai pelaku fungsi distribusi mempunyai tugas-tugas sebagai berikut. 

1.  Membeli, yaitu melakukan tugas pembelian hasil produksi barang dan jasa dari produsen. 

2. Menyimpan, yaitu melakukan penyimpanan barang-barang di gudang sampai batas waktu barangbarang tersebut dibutuhkan. 

3. Standardisasi, yaitu mengadakan penetapan ukuran barang-barang untuk memudahkan konsumen dalam menetapkan pilihan. 

4. Pembelanjaan, yaitu kegiatan menyangkut permodalan, pembayaran upah pegawai dan buruh, dan biayabiaya pembelian barang. 

5. Promosi, yaitu cara memperkenalkan atau mengiklankan barang yang diperdagangkan, baik menyangkut harga maupun mutu kepada konsumen. 

6. Informasi, yaitu memberikan penjelasan mengenai perkiraan harga dan pemasaran barang pada waktu tertentu dari pimpinan kepada pelaksana. 

7. Mengangkut, yaitu melakukan pengangkutan barang-barang dari produsen ke konsumen yang membutuhkan. 

8. Mengangkut, yaitu melakukan pengangkutan barang-barang dari produsen ke konsumen yang membutuhkan.