Selasa, 15 Januari 2013

PENGANTAR BASIS DATA

PENGANTAR BASIS DATA 

Data adalah nilai atau value yang turut merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event) 

Informasi adalah merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dam lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian ( event )yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan. 

Sitem adalah sautu kumpulan dari elemen-elemen atau komponen yang saling berintegrasi atau bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. 

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang- orang, fasilitas, tegnologii, media, prosedur-prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi tertentu, membrikan sinyal kepada manajemen dan yang lain tehadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu Dasar informasi untuk pengambilan keputusan. 

Komponen-Komponen Sistem Informasi 
1. Hardware yaitu perangkat keras yang secara fisik dapat dilihat.seperti monitor,CPU dll 
2. Software seperti sistem operasi,sistem data base, prosedur-prosedur 
3. Personil adalah yang mengoperasikan sistem, menyediakan masukan, mengkonsumsi keluaran, dan melakukan aktivitas manual dan mencakup sistem. 
4. Data :data yang tesimpan dalam jangka waktu tertentu 
5. Prosedur yaitu instruksi dan kebijakan untuk mengoperasikan sistem. 

Data Base atau Basis Data Adalah kumpulan item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atua struktur tertentu, tersimpan diharware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. 

Alasan Diperlukan Data Base Salah satu komponen penting dalam sistem informasi karena merupakan dasar dalam manyediakan informasi